Selasa, 27 Maret 2012

Netty Heryawan: Hanya 40% Posyandu Berfungsi Baik


Bandung - Ketua Tim Penggerak Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jabar Netty Prasetiyani Heryawan meminta para pemangku kebijakan dan elemen masyarakat bersama–sama mengoptimalkan fungsi pos pelayanan terpadu (posyandu). Pasalnya ditemukan fakta yang mencatat hanya 40% dari 47.863 posyandu di Jabar yang berfungsi dengan baik.



"Berdasarkan peninjauan lapangan, tercatat ada 40% posyandu berjalan baik. Itu pun hanya separuhnya yang memiliki peralatan memadai. Catatan berikutnya, fungsi posyandu yang diberdayakan baru sebatas pelayanan kesehatan dasar," ungkap Netty pada pelatihan MOT bagi Kelompok Kerja Nasional (Pokjanal) Posyandu Provinsi Jabar 2012 di Gedung PKK Jabar.

Netty menyayangkan fungsi posyandu baru sebatas kegiatan pelayanan kesehatan dasar, seperti tempat penimbangan bayi dan balita. Padahal posyandu dapat berperan dalam peningkatan kapasitas pendidikan, keterampilan, dan pelatihan kegiatan ekonomi penunjang keluarga.

"Sejumlah tantangan dan kelemahan yang dihadapi posyandu dewasa ini, di antaranya peralatan dasar, kapasitas kader penggerak yang rata-rata memiliki pengetahuan dan keterampilan minim. Ada keterbatasan tenaga karena rata-rata 4 posyandu hanya dilayani 1 kader," tuturnya.

Untuk menuntaskan masalah tersebut, lanjut Netty, TP PKK Jabar akan melakukan revitalisasi posyandu dengan 4 terobosan, yakni rekrutmen kader, memperbaiki program posyandu, peningkatan kapasitas ilmu, dan inovasi dalam kemitraan. "Ini merupakan upaya pengukuhan peran posyandu beserta kader-kadernya dalam pembangunan generasi yang lebih kuat," tegasnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

waduh, harus lebih ditingkatkan lagi ath,saya dukung bgt

obat untuk leukosit tinggi
pusat gold g
obat asam urat pada ibu hamil

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan